Minggu, 22 November 2015

BORAKS ANCAM MASYARAKAT KOTA PALU









Sesungguhnya Boraks itu tidak aman untuk dikonsumsi sebagai makanan dalam dosis berlebihan, tetapi parahnya penggunaan boraks malah terlalu berlebihan memakai boraks pada makanan, kini komponen boraks dalam makanan sudah meluas diseluruh indonesia maupun dirana dunia.Telah banyak Mengkonsumsi makananyang bercampur berboraks dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan fatal bagi orang yang mengkomsumsi yaitu gangguan otakhati, dan ginjal.
Jika penggunaan boraks Dalam jumlah yang sangat banyak melebihi takaran yang sesuai, dampak boraks akan menyebabkan demam,anuria (tidak terbentuknya urin), koma, merangsang sistem saraf pusat, menimbulkan depresi, apatis, sianosis, tekanan darah turun, kerusakan ginjal, pingsan, hingga akan berujung pada  kematian.dan hal ini sudah menjadi kebiaaan para pedangang nakal.
Perlu untuk kita ketahuai bersama sebagai warga masyarakat kota palu karena hal ini para pedanggang nakal melakukan berbagai hal agar jualannya laris dan tahan lama dalam hal ini mereka menggunakan boraks agar awet dan tekstur makanan lebih unggul dari pada yang memakai bahan alami. Borak adalah zat kimia yang digunakan sebagai bahan pengawet. berfungi untuk membunuh kuman.Boraks biasanya dipakai untuk membuat campuran deterjen, salep kulit, pengawet kayu. Dan Borak memiliki kandungan zat yang beracun dapat mengganggu kesehatan manusia. Borak yang telah dikonsumsi manusia, makan substansi zat berbahaya akan terserap oleh usus untuk kemudian menumpuk di dalam hati, ginjal,dan testis. Dan akhirnya kadar toksin yang terkumpul di dalam tubuh semakin lama akan  tinggi.Boraks merupakan bahan beracun bagi manusia,karena borak diserap oleh tubuh dan disimpan secara kumulatif dalam hati, otak, usus, atau testis yang berdampak buruk ntuk manusia dosisnya dalam tubuh semakin lama semakin akan tinggi. Bila dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan kanker.

Kini ada beberapa cara untuk mengetahui bahan boraks dalam makanan.
1. Mie basah,bentuki mie basah yang menggunakan campuran bahan boraks adalah ia tidak    lengket, tekstur kenyal, dan tidak mudah putus.
2. Bakso, jika kita menemukan bakso dengan tekstur yang kenyal, warnanya tidak sesuai dengan warna asli daging aslinya tetapi cenderung berwarna cerah keputih-putihan, itu menandakan bahwa makanan tersebut menggunaka boraks sebagai campuran bahan pembuatannya
3. Ikan dan ayam potong, biasanya berwarna putih ikan yang sudah diawetkan dengan boraks ,insang berwarna merah tua, tidak mudah busuk
4. Tahu, tahu yang memakai bahan pengawet boraks biasanya akan tahan lama jika disimpan dalam lemari es sekitar 3 hingga 15 hari, serta tidak mudah hancur
5. Kerupuk, ciri-ciri jika makanan ini mengandung boraks adalah teksturnya renyah dan rasanya getir atau rasa tajam yang berefek keras.
Untuk masyarakat kota palu kini suda ada penjelasa mengenai ciri-ciri boraks pada makanan jadi berhati-hati dalam memilih makana karena disekitar kita sudah terjadi banyak masalah yang seperti ini.Khususnya para pedagang sebagian besar mereka sudah menggunakan bahan yang berbahaya ini yaitu boraks untuk mengawetkan makanan yang dijualnya.
Nama : Moh Haikal
Stnbk : B 501 14 098
Kelas : B
Prodi : Ilmu Komunikasi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar